Kamis, 12 April 2018

Memilih Spesifikasi Ban Motor yang Sesuai

Biasanya di forum motor, selain oli, pasti ada yang tanya, ban apa yang cocok buat motor anu atau motor ini? Karena motor ada banyak, saya ambil contohnya PCX saya ya, untuk yang lain bisa menyesuaikan. Gimana caranya memilih spesifikasi ban yang sesuai? Sebetulnya yang pertama samain aja sama spesifikasi awal banya yg kedua di pas-pas in deh (trial and error) kira-kira kalo digedein nyangkut enggak ban nya di swingarm, rantai, atau perangkat lain yang memeluk ban. Nah, walaupun mau pake ban yang sama, biasanya masih bingung juga, gimana sih spesifikasinya? Caranya lihat kode ban-nya. Ada apa aja kode ban motor? Mari kita bahas.
Di ban sepeda motor biasanya ada beberapa kode yang terlihat misalnya 120/80 Z R 17 62S Sayangnya enggak ada standar, apa aja yang ditampilkan dan ditampilkan kodenya seperti apa (yg mana duluan) tapi secara garis besar seperti ini:
  • Dimensi Ban
    • 3 digit angka pertama menunjukan lebar paling luar dari ban dalam milimeter. Kalo tulisanya 120 ya berarti lebar ban-nya 120 mm atau 12 cm. Kalo 130 ya 13cm kalo 150 ya 15cm dan seterusnya.
    • Digit pertama diikuti dengan tanda / (biasa dibaca per) kemudian angka 2-3 digit yaitu rasio tinggi ban dengan lebarnya. Misalnya tulisan 120/80 artinya ban tersebut punya lebar 12 cm dengan tinggi 80% dari 12cm yaitu 9,6 cm.
    • Nah, kalo udah tau kan bisa beli ban yang misalnya masih bisa lebih lebar tapi enggak pengen lebih tinggi. kalo ban awal 90/90 berarti tingginya 8,1 cm, bisa pakai ban 120/70 yang tingginya 8,4 cm, naik dikit sih, tapi enggak terlalu tinggi dibanding pake 120/80 kan? atau klo dirasa masih bisa lebih besar lagi bisa pake ukuran 140/60 artinya tingginya tetap 8,4 cm tapi sekarang lebarnya jadi 140... Wah, sudah terlihat gambot.
  • Berikutnya adalah angka opsional (kadang ada kadang enggak) yang menunjukan kerangka ban.
    • B untuk Bias, artinya bagian dinding dan bagian tapaknya punya material yang sama (terjemahan dari wikipedia hahaha, belum ngerti tentang thread ban sebenernya)
    • D untuk diagonal
    • dan R untuk Radial
    • Kalau tidak ada berarti cross ply. Untuk yang ini, kayaknya bisa saya jadikan artikel lain biar yang ini enggak terlalu panjang.
  • Setelahnya biasanya dua digit angka menunjukan diameter bagian dalam ban yang biasnya disesuaikan dengan diameter rim atau velg. Biasanya tulisanya 12 untuk velg 12 in, 13 untuk 13 inci, 14 untuk 14 inci dan seterusnya.
  • Dua digit nomor berikutnya adalah indeks bobot yang mampu di emban si karet bundar. Dua digit ini adlaah kode, jadi ada terjemahanya. Kalo tulisanya 22 bukan berarti 22 kg bobot maksimumnya ya, tapi 85 kg.
    Load Index atau Index Beban ban sepeda motor
  • Yang terakhir 1 atau 2 digit adalah speed rating. Jadi enggak semua ban bisa dipake buat ngebut ternyata. Menggunakan ban dengan speed rating rendah pada kecepatan tinggi, bisa membahayakan nyawa pengendaranya. Berikut tabelnya di bawah.
    Tabel Speed rating
  • Ada satu kode lagi, kode tahun dan minggu pembuatan, biasanya terdiri dari 4 digit angka memuat 2 digit di depan menunjukan jumlah minggu sementara 2 digit di belakang adalah tahun. Jadi kalo ada tulisnaya 0618 Artinya dibuat pada minggu ke enam tahun 2018, atau sekitar minggu pertama atau kedua bulan Februari tahun 2018. 
Ambil gambar dari Otorider.com, tapi enggak tahu ban apa.
Nah, ini contoh bannya, jadi kita bisa tahu seperti ini:
  • 90/90 Artinya lebar ban dari sisi ke sisi adalah 9 cm, sementara tingginya adalah 90% dari 9 cm yaitu 8,1 cm.
  • Angka 14 menunjukan diameter velg yang bisa diterapkan pada ban tersebut.
  • M/C katanya ini tanda bahwa ini ban motor, tapi saya enggak dapet penjelasan lebih lanjut tentang ini.
  • 46P ini 46 merujuk pada tabel index beban di atas, berarti mampu menopang 146kg bobot, sementara P merujuk pada indeks kecepatan, artinya bisa digunakan untuk kecepatan maksimal 150 km/jam. Ini maksimal ya, klo mau dipake di 80km/jam aja ya gpp. Apa lagi klo topspeed misalnya cuma 115, ya aman berarti :D
Nah, untuk ban PCX seperti apa ya? ... Nanti klo udah ada fotonya saya tambahin lagi artikelnya :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kunjungi Postingan Lainya