Kamis, 12 April 2018

Jalan-jalan ke Hutan Pinus Mangunan

Jadi pada suatu ketika ada kesempatan jalan-jalan ke mangunan. Diawali dengan kunjungan ke rumah Mbah di Prambanan, terus di ajak jalan-jalan sama Bapak-Ibu ke Hutan Pinus mangunan. Jarak Hutan Pinus Mangunan dari kota Jogja ini sekitar 23-25 km, tergantung jalurnya. Kalo dari Candi Prambanan, Jaraknya sekitar 27 km, atau sekitar satu jam perjalanan kalau tidak macet, ya kalo biasanya sih enggak macet, klo libur ya beda lagi. Lokasi tepatnya ada di bawah sini nih
Apa sih daya tarik hutan pinus mangunan ini? Setelah dateng, baru tau kalo ini semacam wisata fotografi. Intinya, objek wisata yang sudah indah ini diperindah lagi sehingga menjadi 'wisata-able.' Beberapa tempat dimanipulasi biar enak di foto, sebagian ditambahi bunga-bunga, lalu ada semacam tempat di atas pohon untuk berpose... Yang sebetulnya saya pikir ini agak mengerikan ya, bisa jadi pembuatnya 'kira-kira' aja biar kuat gimana bikinya.
Di hampir setiap spot foto yang sengaja dibangun (tidak alami) ditempatkan semacam kotak sumbangan dengan tulisan 'seiklasnya' kalo enggak salah inget. Di beberapa tempat juga ada semacam 'live demosntration' pembuatan tempat berpose ini (dibuat langsung saat pengunjung ad adisekitarnya).
Secara umum, tentu aja ini tempat yang sangat bagus untuk berfoto. Jalan santai bareng keluarga sambil menikmati segarnya udara Mangunan, ini luar biasa. Bunga-bunga yang bermekaran di desain agar indah dilihat dipadukan dengan latar belakang hamparan hutan luas.
Sayang saya enggak bawa EOS M10, jadi mengandalkan dual kamera dari Mi A1. Bokeh diciptakan dengan memadukan dua lensa kamera Android 1 besutan Xiaomi ini. Satu lensa merekam gambar blur dan kamera lain merekam gambar fokus, mencitapakan kombinasi Bokeh yang 'hampir' alami, tapi tetap keren.
Apa aja yang tersedia di Hutan Pinus Mangunan?

  • Tempat parkir yang... berantakan sih, tapi ada juru parkirnya. Juru parkir cukup baik mengarahkan pengemudi, jadi bagi yang jarang parkir mobil, saya rasa masih bisa parkir dengan baik di sini.
  • Tempat Jajan di sekitar parkiran, walaupun agak mahal, tapi cukup lah untuk sebuah objek wisata yang jauh dari pusat kota. Tempat jajanan ini adanya di luar objek wisatanya, jadi kalo mau makan dulu diluar, ya. Setelah makan baru jelajah Hutan Pinus-nya.
  • Toilet, tersedia tapi saya enggak sempet nyobain.
  • Tempat foto yang melimpah tentunya. Spot-spot bagus menyebar di sekitar tempat wisata, jadi pinter-pinter pengunjungnya mau ambil gambar di sebelah mana.
Kesan saya, menyesal! Menyesal saya enggak bawa M10-nya. Pengen kesana lagi jadinya. Waktunya juga kurang lama, keburu capek. Lain waktu harus siapkan fisik dulu biar bugar dan bisa jalan-jalan lama di sana. Saya belum sempat nyobain sampe ke pelosok sudut Hutan Pinus Mangunan-nya, tapi setidaknya sudah 'pernah' ke sana dan ambil beberapa sampel foto bersama keluarga.

愛子
麗奈 Sebetulnya klo yg ini enggak ada kanjinya... :D


Cucu, buyut dan embah
Enggak siap jalan-jalan, pake sendal.

Ayunan di Hutan Pinus Mangunan. Talinya kena efek dual kamera T_T
Ibu dan anaknya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kunjungi Postingan Lainya