Minggu, 22 Juli 2018

Klaim Garansi Suspensi PCX, kira-kira bisa ga ya? (Part 1)

Suspensi kelihatan bengkok? Udah lama sih, tapi baru tahu kalo ternyataa dua-duanya yg kelihatan bengkok. Ini masih pake 'kelihatan' ya, soalnya, apa lah mata saya ini dibanding mata-nya AHM yang sudah pakai alat presisi untuk pengukuranya? Nah, tiba-tiba waktu lagi cuci motor akhir pekan, lihat kok ada bekas baret di cover as suspensinya, pertanda koil alias spring yang bagian luar menyentuh bagian dalam penutup plastiknya ini. Wah, kalo diterusin bisa nyenggol as-nya terus bisa bikin bengkok suspensinya nih.

Rencana saya sih memang mau ganti aftermarket, tapi entar-entaran. Tapi kalo kejadianya kaya gini, saya enggak bisa tinggal diam (*intense music started). Akhirnya saya hubungi Astra Honda Care di facebook dengan alamat facebook @AstraHondaCare menggunakan pesan facebook. Ternyata enggak sampe satu hari langsung ditanggepin, walaupun rasanya salah tangkep adminya sama yang saya maksud, tapi yasudah lah, toh nanti akan ada yang hubungin dan meriksa perihal suspensi ini, jadi saya jelasin nanti lagi aja. Jadi intinya nanti akan ada pemeriksaan lebih lanjut, pemeriksa nanti akan menentukan apakah ini dapat di klaim atau tidak, apakah ini biasa saja alias normal, atau perlu perbaikan atau penggantian.

Silahkan di klik untuk perbesar gambar.

Kurang jelas ya, ini gambar yang saya zoom:


Tuh, cover yang saya maksud, terlihat tergerus kan? Nah, saya cuma khawatir aja, ini cover lama-lama menipis, lepas, terus springnya kena as-nya, terus bengkok.

Masalah bengkok yang ditanggapi AHM sebagai penampilan visual saja ini mengganggu secara visual sih, tapi ya apa boleh buat kalo emang enggak di recall. Katanya sih enggak mengganggu performa suspensi. Nah, kalo modelnya macem saya ini, kira-kira berapa lama sampai akhirnya mengganggu? Apa nunggu sampe pelindung plastiknya habis, nyenggol as-nya kemudian dalam 2 tahun suspensi jadi bekerja tidak normal? Nah, ini juga jadi pertanyaan saya nih, kira-kira berapa lama sih usia suspensi yang diharapkan AHM? Apakah maksudnya dengan penampakan visual bengkok ini dapat tetap digunakan sampai batas usia minimum penggunaan suspensi? Ah, makin banyak pertanyaan yang saya enggak akan bisa jawab, dan rasanya tanya ke AHM belum tentu dijawab juga. Jadi, kita lihat aja gimana nanti komentar tim yang memeriksa ya.

Sekarang memang masih proses, baru selesai ditanya mengenai suspensi ini, dminta data lengkapnya, dan nantinya katanya akan dihubungi Honda Daya Adicipta Motor perihal pemeriksaan, apakah ini akan dapat di klaim atau tidak. Barusan ini (23 Juli 2018) juga di telpon lho sama main dealer bogor, intinya masalahnya apa, biasa servis dimana, dan nanti bilang aja kalo udah di telpon sama main dealer bogor untuk segera melakukan pemeriksaan suspensi belakang ini. Dan rencananya sih saya sabtu mau ke AHASS deket rumah untuk melakukan pengecekan.

Kalo harapan saya sih bisa diperbaiki bentuk Visualnya ini, tapi kalo enggak termasuk garansi ya apa boleh buat. Pengalaman klaim ini jarang-jarang saya alami, karena saya percaya kalo sudah di jual produk sudah melewati banyak Quality Control atau QC, jadi tingkat kecacatanya bisa sedikit. Nah, karena kurang beruntung, saya dapat yang secara penampilan tidak sesuai dengan yang saya harapkan.

Bagaimana kelanjutanya? Nanti kita tunggu hari Sabtu ya.

Silahkan di follow blog-nya dengan mengiis alamat email di kanan atas, atau twitter di @awp_agni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kunjungi Postingan Lainya