Rabu, 19 Desember 2018

Desktop vs Laptop, pilih mana?

Pada suatu ketika, ada seorang teman yang bingung, mau beli laptop, atau desktop. Jawabanya, ya situ yang pengen, ya pilih sendiri lah. Tamat, Artikelnya selesai. Enggak gitu!
Saya mau kasih sedikit gambaran, kenapa sih harus laptop atau kenapa lebih baik desktop?

Perbandingan antara Laptop dan Desktop


Sebelum kita masuk kapan sebaiknya pilih laptop atau desktop, ini sedikit perbedaan antara laptop dan desktop.

Harga

Untuk Desktop atau komputer meja, komponen yang tersedia sangat bervariasi, memungkinkan calon penggunanya memiliki pilihan dari 3,5jt sampai 260jt untuk satu paket (termasuk monitor). Bahkan untuk yang harganya 3,5jutaan sekalipun masih cukup canggih, bisa digunakan untuk berbagai macam kegunaan, dari main game, sketchup, sampai sedikit video editing.

Sementara untuk Laptop komponen yang tersedia juga banyak, tapi pilihanya sangat terbatas. Untuk komputer dengan kemampuan setara desktop 3,5jt saja kita perlu merogoh kocek skitar 4-5 juta. Dengan kemampuan komputasi dan grafik yang lebih baik, desktop punya rentang harga yang relatif lebih rendah dari laptop. Laptop juga sangat tergantung dari merk-nya.\

Dengan harga 3,5 jt udah bisa main dota 2 kalo pake desktop (walau pas-pasan) Klo laptop harga segitu main dota 2, enggak jamin bisa. Kalopun bisa ya ngos2an laptopnya. :P

Portabilitas

Ini enggak perlu dijelasin banyak-banyak lah ya. Tau kan Desktop kaya apa? Ada CPU-nya ada monitor keyboard mouse, semuanya terpisah. Nah kalo laptop kan jadi satu, bisa dilipet, taro tas, dibawa. Ada sih komputer tower kecil yang juga bisa dibawa-bawa, tapi enggak termasuk monitor keyboard dan mouse-nya, sementara kalo Laptop kan selipetan itu udh termasuk monitor keyboard dan mouse.

Prosesor

Prosesor desktop relatif lebih besar, lebih kuat, dan kadang lebih mengkonsumsi banyak daya. Biasanya prosesor baru yang muncul dipasaran, muncul prosesor desktopnya duluan, baru berikutnya versi laptopnya.


Tapi, versi laptop prosesor juga enggak kalah performanya dibanding yang versi desktop. Masalahnya, dengan performa yang menyaingi, harga laptopnya jauh lebih mahal dibanding harga desktop dengan performa yang sama.

Kapan pilih Laptop?

Saat butuh portabilitas tinggi. Misalnya kerja di bidang desain, sering ngedit di tempat bareng klien, ya tentunya perlu laptop donk. Atau misalnya peneliti yang membutuhkan komputasi tinggi, tapi juga sering memberikan kuliah di berbagai tempat, ya perlu laptop juga pastinya. Atau buat kalian yang kalo pulang enggak pengen langsung pulang ke rumah, mau main dulu ke kafe, restoran cepat saji, atau tempat lain yang ada sinyal wifi gratisnya sambil ngerjain kerjaan kantor atau ngegame, Laptop jadi pilihan mutlak.


Tapi... laptop dengan spek tinggi ini biasanya berat lho. Kalo mobilitas terlalu tinggi bawa-bawa misalnya Alienware atau Omen, lumayan juga beratnya. Jadi kalo spek laptop tinggi portabilitasnya juga enggak bisa terlalu tinggi. Kalo mau yang portabilitas tinggi, pasti speknya enggak akan sebaik yang berat itu.

Kapan pilih Desktop?

Kalo enggak banyak mobilisasi seperti saya, pilih Desktop. Pulang kerja pengenya cepet-cepet langsung pulang biar enggak kena macet. Pengen spek yang cukup untuk berbagai macam hal, dari multimedia sampai gaming, dan harga relatif murah, pastilah pilih Desktop.

Curcol dikit, dulu saya pernah salah milih laptop, padahal bisa beli desktop yang lumayan canggih. Tapi waktu itu sih emang zamanya di kantor pake PC All in one dengan spek yang lambat, jadi laptop dipake buat kerja sekaligus buat di rumah.


Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, kalo merakit desktop, bisa kita sesuaikan dengan budget dan spek yang diperlukan. Misalnya aja kalo punya budget cuma 2,8jt, punya casing + power supply bekas yang masih berfungsi dan monitor jadul, ya bisa di rakit ulang dengan berbagai pertimbangan. Hasilnya, speknya juga enggak kalah jauh dengan laptop kantor yang harganya 9jt-an :D tapi ya enggak bisa dibawa kemana-mana, di rumah aja. Tinggal tambah monitor dan 4GB ram lagi senilai 1,5jt-an, speknya sudah setara dengan laptop kantor. (sekarang mah udah ada komputer yang setara ini di kantor)

Kesimpulanya?

Sangat tergantung sama personalnya. Kebutuhanya, pekerjaan dan banyak yang lainya... Ini perkara milih laptop atau desktop, kalo untuk rakit desktop yang seperti apa lebih luas lagi bahasanya. Milih laptop pun tergantung kebutuhan.

Mau konsultasi rakit desktop atau milih laptop yang sesuai? Silahkan hubungi saya lewat FB atau twitter @awp_agni :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kunjungi Postingan Lainya