Kamis, 17 Januari 2019

Enggak semua internet unlimited itu sama...

Ya iyalah, kalo sama gimn juga mereka bisa bersaing kan. Tapi bingung kan milihnya, kira-kira bagusan yang mana satu sama lain. Pilih yang paling murah ja, toh unlimited... Kalo latency-nya kegedean gimana? (apa sih latency) Kalo upload speadnya ternyata enggak cukup gimana? Kalo gara-gara cuaca koneksi terputus gimana? (tapi klo ga putus mati lampu sama aja sih.)



Harga VS Kecepatan

Bandingin nih, harga sama kecepatan yang didapat. Kalo kecepatanya 10mbps harganya 350 ribu, pesaingnya 20mbps 300 ribu, ya jelas pilih pesaingnya lah, hahaha, itu keliatan ya. Pokoknya dibandingin deh antara harga dengan kecepatanya. Bisa juga harganya misalnya 2 kali lebih mahal tapi kecepatanya 4 kali lebih cepat, bisa bagi-bagi tetangga kan kalo kaya gini, hehe.

Tapi jangan lihat apa yang tertera di brosur atau iklan internet ya, biasanya yang tertera adalah kecepatan download. Misalnya kecepatan yang tertera 10 mbps terus tertulis kecepatan 10:1 artinya dari 10 mbps itu, hanya 1 mbps yang digunakan untuk upload. Ini cocok untuk pengguna yang suka browsing-browsing, streaming film atau acara TV, download game, tapi enggak cocok buat orang yang produktivitasnya di internet. Produktivitas di internet itu misalnya, upload konten video, upload konten gambar, atau mungkin malah komunikasi video call dengan client. Kalo remote desktop masih bisa kali ya, masih bisa dibatasi volume datanya.

Angka 6 itu latency, yang tengah itu kecepatan unduh dalam bit dan yang paling kanan kecepatan unggah dalam bit juga

Kenapa jadi masalah kalo uploadnya kecil? Ya, kalo 1mbps itu berarti sekitar 128kB/s yang artinya klo mau upload video 4k 100mb yang paling cuma beberapa detik butuh waktu 13 menit. Bayangin kalo yang di upload 1 Giga, bisa berapa jam itu? Yang biasanya video 4k kan belasan menit juga udah gigaan. Video call juga terganggu terutama kalo dipake bareng-barang dalam satu sambungan internet. Video call can selain nerima gambar juga ngirim gambar, kalo misalnya data gambar dan suara yang dikirim terlalu kecil otomatis kualitas gambar akan berkurang, kalo enggak berkurang ya pasti putus-putus.

Latency

Lantecy (kayaknya diterjemahin jadi lantesi ya) adalah kecepatan respon dalam hal ini respon jaringan. Bisa aja kecepatan volume datanya besar, tapi latency nya juga besar (latency semakin kecil semakin bagus). Ini menyiksa untuk gamer professional, karena mereka enggak perlu bandwidth atau kecepatan terlalu besar, tapi yang penting latency bisa sekitar 20ms.

  • Bandwidth besar Latency besar, ini misalnya menggunakan komunikasi satelit. Karena komunikasi satelit memerlukan data terbang sampe satelit dulu, baru balik ke bumi sampe di bumi muter-muter dulu nyari server, baru kemudian server ngirim ke stasiun bumi, kirim ke satelit baru balik ke browser, maka latency nya psati besar. Kenapa pasti besar? Jarak dari bumi ke satelit komunikasi (biasanya pada orbit geostasioner) itu 35 ribu km klo bolak balik itu 70 ribu km. Nah, data itu dari dikirim dari lokasi, ke satelit sampe server itu 70 ribu km minimal. Klo dua kali ya 140 ribu km. Kecepatan cahaya itu 299 ribu km/detik, artinya dalam satu kali jalan gelombang elektromagnetik bergerak dengan kecepatan cahaya, maka dibutuhkan setengah detik untuk merespon, atau sekitar 500 ms. Klo untuk kita setengah detik enggak apa-apa kali ya, tapi untuk pro ini udah lag.
    Gejalanya klo di web browser ini kita udah masukin alamat website dan pencet enter, nunggu agak lama, tiba-tiba seluruh halaman langsung termuat penuh.
  • Bandwidth kecil latency kecil, ini kaya menggunakan sambungan modem telepon jaman dulu kayaknya. Sekarang enggak ada kali ya yang pake kabel tembaga dengan kecepatan sangat rendah, klo ga salah dulu itu modem kecepatanya 56kbps. Intinya sih walaupun lewat teknologi kabel tembaga, latency masih bisa cukup rendah kalo servernya deket, jadi tergantung lokasi server juga. Tapi karena bandwidthnya rendah, klo pake model sambungan ini halaman web akan muncul pelan-pelan segera setelah memasukan alamat web dan di enter.
  • Bandwidth besar latency kecil, nah ini yang paling cucok meong. Bahkan dulu pernah lihat ada promosi paket gamer menjamin latency rendah dengan bandwidth 5mbps (besar untuk ukuran zaman dulu) tapi sayang lupa apa nama providernya dan di masa itu saya belum kenal latency.

Jaringan

Nah, sampailah kita di akhir pembahasan. Semua yang diatas itu enggak penting kalo enggak ada jaringanya. Misal di perumahan cuma ada indihome, walau ngidamnya kaya apa pengen Myrepublic ya bisanya cuman langganan Indihome atau enggak usah langganan. Kan kezel ya...

RT-RWnet?

Oh iya, ada satu teknologi lagi yang ketinggalan namanya RT-RWnet. Untuk satu RT oke, untuk satu RW lumayan, untuk beberapa jaringan RW yang disebar menggunakan wifi jarak jauh? Ini yang kalo manajemenya kurang bagus ya enggak bagus juga jaringanya. Latency buruk, bisa jadi malah bandwidth juga ikutan terganggu gara-gara data ngantri di salah satu titik persimpangan.

Direkomendasikan? Untuk jaringan beberapa RT sampai satu RW oke, tapi untuk beberapa RW, ya tergantung sama manajer jaringanya. Saya pernah beberapa kali langganan jaringan model ini, ada yang bagus, dan ada juga yang kurang bagus. Klo yang kurang bagus ini kadang di tes speed oke, tapi latency lama banget.

Paket khusus

Ada paket khusus lho, jadi enggak semua paket unlimited sama. Misalnya ada paket game, untuk beberapa game yang dimainkan pake jaringan penyedia layanan internet itu dapet exp lebih banyak atau dapet item khusus. Atau ada juga yang menjamin latency ke server-server game itu bisa dibawah 25ms (milisecond/milidetik) atau lebih rendah.

Paket game indihome

Dulu juga pernah lihat ada peket untuk yang suka nonton. Jadi lewat jaringan dia kalo nonton beberapa penyedia layanan streaming premium bisa akses gratis.

Kesimpulan

Jangan males baca. Semua paket itu ada tujuanya dengan target calon pengguna yang beda-beda, jadi siapa tau kita termasuk ke salah satu target penggunanya. Kalo pas dapet paket yang sesuai sama keinginan, pasti bisa menggunakan benefit maksimal dari paket internet tersebut.

Udah, gitu aja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kunjungi Postingan Lainya